Cara Mencari, Mendapatkan, dan Merubah NISN


Sejak berubahnya operasional dan pengelolaan DAPODIK dari Biro PKLN ke PSP Balitbang, banyak muncul pertanyaan terkait NISN. Hal tersebut karena sekolah mengalami kesulitan mengakses data NISN siswanya. Walaupun situs NISN sudah terbit, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan atau Frequently Asked Questions (FAQ) berikut jawabannya yang kami kutip dari http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/8.

FAQ NISN

Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)?

Untuk mengetahui NISN, silakan cek di menu DATA SISWA atau klik pada linkini pada situs NISN, dengan cara:

    • Perncarian Berdasakan NISN
    • Perncarian Berdasakan Nama
    Berdasarkan kedua kriteria diatas, maka akan muncul siswa aktif dengan NISN-nya. Jika tidak ada sama sekali berarti sekolah belum mendaftarkan siswanya.

Saya belum memiliki NISN, bagaimana cara memperolehnya?

  • Dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti pada permasalahan sebelumnya (diatas)
  • Jika siswa tidak ditemukan, silakan download (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULIR PENGAJUAN;
  • Mencetak formulir-formulir tersebut;
  • Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual;
  • Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana siswa berasal;
  • Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : nisn_pdsp@yahoo.com untuk diberikan NISN.

Bagaimana caranya memperbaiki biodata NISN? Karena yang tertera tidak sesuai dengan akta kelahiran?

  • Silakan download (unduh) formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id  pada menu FORMULIR PENGAJUAN;
  • Mencetak formulir tersebut;
  • Mengisi formulir tersebut secara manual;
  • Menyerahkan kepada operator tingkat sekolah dimana NISN tersebut di terbitkan;
  • Bagi sekolah, dapat mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tersebut ke  PDSP melalui email : nisn_pdsp@yahoo.com.

Di sekolah saya yang sekarang ditanyakan NISN. Padahal pada saat lulus dari sekolah sebelumnya tidak dibekali NISN?

Dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti pada permasalahan No.1 diatas;

  • Jika tidak ditemukan, silakan download (unduh) formulir peserta didik (F-PD) dan formulir A.1. pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id  melalui menu FORMULIR PENGAJUAN;
  • Mencetak formulir-formulir tersebut;
  • Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual;
  • Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah asal.
  • Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : nisn_pdsp@yahoo.com untuk diberikan NISN.

Kartu NISN saya hilang, datanya juga ada yang keliru, bagaimana ini?

Jika terjadi kesalahan, kerusakan atau kehilangan kartu NISN, silakan dilaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.

Bagaimana jika ada 1 orang siswa memiliki 2 (dua) NISN? NISN yang mana yang di digunakan.

NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Jika tidak, NISN yang digunakan adalah NISN yang paling kecil kodenya. Untuk NISN yang tidak digunakan mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus.
24 responses to “Cara Mencari, Mendapatkan, dan Merubah NISN

  1. Min, saya cek nisn saya yang ada di ijazah smp berbeda dengan di webesite kemdikbud. nisn di ijazah ternyata milik orang lain. saya angkatan 2014, sekarang mau daftar ke poltekkes. di poltekkes diminta mencantumkan nisn. lantas nisn mana yang harus saya masukkan? bagaimana pengaruhnya? apakah saya harus merubah ijazah saya?

    • Setau saya di ijazah tidak ada tercantum NISN. Kalau di ijazah tercantum NISN, sebaiknya konsultasikan dengan SMP yang mengeluarkan ijazah. Barangkali salah memasukkan NISN. Tapi pastikan dulu bahwa itu NISN (jangan-jangan nomor induk di sekolah)

  2. lia permata

    min nisn saya dari sd sudah salah , dn saya sudah menemukan nisn yg baru stelah SMA , bagaimana saya mengganti NISN saya sedangkan di ijazah SD , SMP sudah tertera NISN yang salah , tolong solusinya

    • Setahu saya di ijazah tidak tertera NISN. Jika terdapat kesalahan data pada NISN (nama, tgl lahir, dll) bisa diperbaiki melalui sekolah yang sekarang (SMA).
      Jika ingin mengubah data yang tertera di Ijazah (nama, tmpt & tgl lahir, nama ayah, dll) prosesnya akan rumit dan panjang (sebaiknya konsultasi ke diknas setempat)

  3. min, gimana dengan data saya yang salah namanya, jenis kelaminnya juga.. saya harus melapor ke SD atau SMA (sekolah saya sekarang) ? dan apa akan berpengaruh terhadap yang lain min ?

  4. SILVI DA MAYANTI

    Min mau tanya sebentar lagi saya daftar SNMPTN, ketika saya cek NISN saya di internet ternyata Nama saya ada kesalahan menulis harusnya SILVI malah SILPI, Katanya SNMPTN skrng Melihat nilai UN lewat NISN, Jadi bagaimana min ini solusinya? bisa di perbaiki tidak min?

  5. pak mau tanya, apa pengaruhnya jika NISN tidak sesuai dengan data Aslinya baik di rapor maupun ijazah dan akte?

    • Saya tidak tahu pasti apa pengaruh ketidak-sesuaian data pada NISN dengan data di ijazah/akte/dll. Tapi sebaiknya segera diperbaiki melalui tempat sekolah sekarang..

  6. Min.tahun kelahiran NISN saya tidak sesuai dngan akta kelahiran & saya kelas 6 SD.saya dh ngajuin kepihak sekolah tp kata pihak sekolah SD saya sudah tidak bisa dirubah tapi itu harus diperbaiik min soalnya saya masuk kompetisi liga danon.?

  7. min..mau tanya..
    identitas saya dalam NISN salah..
    itu untuk perbaikinya gimana?
    di sekolah sd dulu apa sekarang sma.?
    saya tanya di sma udah nggak update.
    jadi gimana min solusinya?

    • Yang saya ketahui, untuk saat ini pengelolaan NISN (khususnya sekolah swasta) memang sedang lambat/tidak bisa karena semuanya di-handle oleh diknas. Beda dengan dahulu yang bisa langsung dikelola oleh operator sekolah. Untuk sementara kesalahan identitas mungkin dibiarkan saja. Yang penting nanti ketika pemutakhiran data untuk ikut UN harus diperbaiki. Pemutakhiran data pada NISN bisa menyusul.

  8. Min mau nanya saya punya siswa waktu sd sudah punya nisn skrng sudah Aliyah tapi nisn nya yg dulu tidak muncul dalam pencarian on line gimana solusinya?

  9. Min mau tanya, nama NISN saya tidak sesuai dngan akta kelahiran & saya kelas 1 sma, kalau mau mengirim data NISNnya ke Smp / Sma . . Terima kasih

  10. Bgaimana cara mengganti jenis kelamin pada data NISN?sdangkan anak nya sudah SMA
    terima kasih :)

  11. bagaimana merubah tanggal lahir (tanpa bulan dan tahun) saya tanpa menggunakan stempel dari skolah ?

  12. ngajar ginting

    kami dari sd puteri sion medan,udah dua tahun lalu mengajukan nisn siswa,tapi sampai sekarang belum keluar,mohon dibantu,trimakasih

  13. nisn snmptn saya salah 2 digit apa masih bisa diganti sekarang min? terus gimana jalan keluarnya ?mohon batuannya thx :)

  14. bagaimana kalau nisn saya di rapor saya sama yang di pangkalan data siswa berbeda ????

Leave a Reply

